Kamis, 22 Januari 2015 | By: Unknown

Garis-Garis Besar Program Tapak Suci Putera Muhammadiyah

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM TAPAK SUCI

Secara garis besar, program-program yang dilaksanakan oleh Tapak Suci Putera Muhammadiyah ialah sebagai berikut: 
  1. Bidang Kependekaran dan Keilmuan
    a. Mengadakan Diktat Kepemimpinan Pendekar untuk meningkatkan kulaitas, disiplin dan pemahaman nilai-nilai Tapak Suci sebagai Organisasi Kader Muhammadiyah yang sebenar-benarnya dibawah bimbingan Majetis Pendidikan Kader.

    b. Membakukan dan membukukan Pendekar  Tapak Suci.

    c. Menyusun materi pendidikan dan pelatihan  Tapak Suci

    d. Menyusun dan membakukan keilmuan TapakSuci yang Islami dibawah bimbingan Majetis Tarjih, untuk kurikulum pendidikan kader yang terdiri dari:
        - Pencak silat Olahraga Kesehatan;
        - Pencak Silat Olahraga Prestasi
        - Pencaksilat Seni Prestasi
        - Pencak Silat Beladiri

    e. Menyusun materi dan pembakuan kurikulum pendidikan AIK.

    f. Memasyarakatkan peraturan untuk peraturan  pertandingan Pencak Silat Olah Raga dan Peraturan Perlombaan Pencak Silat Seni.
  2. Bidang Pembinaan Organisasi dan Kader
    a. Meningkatkan kualitas dan disiplin serta  pemahaman dan penghayatan anggota akan  nilai-nilai Tapak Suci sebagai Organisasi Kader  Muhammadiyah dan meneliti dengan lebih  selektif penerimaan anggota dengan  memperhatikan itikat baik serta kemampuan  memenuhi kewajiban terhadap organisasi berupa amal nyata.

    b. Tertib administrasi keanggotaan Muham madiyah dengan mendaftar kepada PP Muhammadiyah untuk mendapatkan Kartu  Tanda Anggota Muhammadiyah.c. Tertib administrasi keanggotaan Tapak Suci bagi siswa dengan mendaftar kepada Pimpinan Daerah Tapak Suci untuk mendapatkan kartu  tanda siswa Tapak Suci d.Tertib administrasi bagi Kader dan Pendekar  dengan mendaftar kepada PP Tapak Suci untuk mendapatkan Kartu Tanda Anggota Tapak Suci e.Untuk ketegasan identitas diwajibkan kepada anggta dan pimpinan mencantumkan NBTS dan NBM dalam semua bentuk kegitan administrasi.f. Mengintensifkan penyelenggaraan pembinaan, pengkajian dan penataran kemuhammadiyahan, ketapaksucian datam usaha membina anggota kemampuan sebagai pemikir dan pelaku gerakan.g. Meningkatkan fungsi organisasi sebagai factor  pengembangan, dinamika dan kaderisasi yang  mendapat tempat pengembangan yang terarah  dan terencana oleh pimpinan persyarikatan.h. Meningkatkan hubungan antar organisai  ortonom, meningkatkan hubungan dialogis dan demokratis antara ortom dengan pimpinan  persyarikatan.i. Menentukan dan melaksanakan tindakan admisistrasi terhadap anggota yang tidak memenuhi tanggungjawab dan kewajiban, terutama terhadap anggota yang merugikan  nama baik serta perjuangan Tapak Suci.
  3. Bidang Pembinaan Prestasia. Menerapkan hasil pembakuan dalam hal :-Peraturan pedoman Pencak Silat Olahraga.-Peraturan oerlombaan Pencak Silat
    b. Melaksanakan kejuaraan-kejuaraan antar-Perguruan Tinggi metalui: 
    -  Kejuaraan Nasional Pencak Silat Olah-ragadan seni Tingkat Dewasa -  Kejuaraan Nasional Pencak Silat Olah-ragadan Seni unuk Tingkat Remaja.
    c. Melaksanakan Kejuaraan-Kejuaraan antarperguruan Tinggi metalui, kejuaraan PencakSilat Olahraga dan Seni Antar Perguruan Tinggi.

    d. Menjadikan even-even IPSI untuk mendata danmengukur Prestasi Tapak Suci tingkat Cabang,Daerah, Nasional maupun Internasional.
  4. Bidang Pengembangan Organisasia. Menertibkan pendaftaran utang pimpinan Daerah dan Pimpinan Wilayah Tapak Suci Putera Muhammadiyah dari seluruh Indonesia, dengan ketentuan personit Pimpinan adalah Anggaran Tapak Suci aktif dan Anggaran Muhammadiyah.
    b. Memantapkan dan meningkatkan potensi cabang sebagai tempat pembinaan anggota untuk membimbing kehidupan jama'ah dan pelaksanaan dakwah jama'ah dalam lingkungan.

    c. Memantapkan dan meningkatkan potensi Daerah sebagai wadah dan pendayagunaan organisasi dalam penyelenggaraan amal usaha Tapak Suci serta meningkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan anggota datam metaksanakan kewajuban terhadap organisasi.

    d.  Berpartisipasi aktif dan ikut mengembangkan alternatif kegiatan bagi mahasiswa di lingkungan kampus terutama dalam upaya pengembangan kader intelektual muslim, mendudukan keberadaan perguruan Tapak Suci di lingkungan perguruan Tinggi dan Pondok Pesantren setingkat unit Perguruan Tapak Suci  dengan peraturan khusus. Mendudukkan perguruan Tapak Suci di Perguruan Tinggi dan  Pondok Pesantren Muhammadiyah sebagai unit  dan keberadaan di bawah kondisi Pimpinan  Wilayah dan operasionalnya di bawah koordinasi pimpinan Daerah.

    e. Untuk mengembangkan perguruan Tapak Suci  Putera Muhammadiyah ke luar negeri secara  aktif dan terencana.

    f. Mempublikasikan secara luas keberadaan dan  kegiatan Tapak Suci. 

    g. Menerbitkan kembali majalah FORUM dalam  Kalender Tapak Suci. 

    h. Mendirikan Perpustakaan Tapak Suci untuk  menyimpan benda- benda bersejarah, dll.
  5. Bidang Pembinaan dan Pendidikan a.Pendidikan dan pelatihan Siswa Tapak Suci dengan mematuhi peraturan pendidikan untuk setiap kali pendidikan dan latihan.-1 (satu) jam untuk pendidikan Al-Islam dan   ke- Muhammadiyah-an-2 (dua) jam untuk latihan Pencak Silat.
    b. Mengoperasiolkan tuntutan Pembinaan dan Pendidikan LKPTS.

    c.  Mengoperasionalkan kurikulum Pendidikan Kader Tapak Suci yang terdiri dari,
    - Pencak Silat Olahraga Kesehatan Untuk   Kader Muda. - Pencak Silat Olahraga Prestasi untuk Kader  Madya. - Pencak Silat Seni untuk Kader Kepala - Pencak Silat Beladiri untuk Kader Utama. - Mengoperasionalkan Tuntutan Pembinaan  khusus Al-Islam & Kemuhammadiyahan   untuk Siswa dan Kader.
    d. Mengintensifkan Pendidikan&Latihan Tapak Suci.
    - Sekolah-sekolah Muhammadiyah- Perguruan Tinggi - Pondok Pesantren 
    e. Memberikan kesempatan dan mencari kesempatan untuk menjalin pendidikan dan latihan Tapak Suci untuk: 
    - Pimpinan Muhammadiyah semua tingkat pimpinan- Pimpinan tingkat ortom Muhammadiyah semua tingkat Pimpinan- Pimpinan amal usah Muhammadiyah
  6. Bidang Penelitian dan Pengkajiana. Menggalakkan Penelitian dan Pengkajian terhadap kegiatan Oganisasib. Mengintensifkanpengkajian  tentang perkembangan keilmuan pencak sitat Tapak Suci.c.Menyelenggarakan forum-forum ilmiah secara rutin dengan mengundang para ahti, terutama dari keluarga Muhammadiyah.d. Menghimpun laporan dari semua tingkat Pimpinan Tapak Suci Putera Muhammadiyah. 
  7. Bidang Pendayaan Sumberdaya a. Mengintensifkan pengumpulan dana dari,- luran Siswa- Infaq anggota- Administrasi Ujian Siswa dan Anggota- SWO dari semua tingkat pimpinan- Dana pembinaan dari persyarikatanb.Menghimpun dana dari Umat yang berupa,-Zakat, Infaq.- Sumbangan yang tidak mengikatc.Berusaha untuk:-Membentuk   badan usaha yang  menguntungkan.-Membentuk koperasi Anggota untuk semua  tingkat pimpinan-Menyediakan tempatdan mengelola  tempat-tempat pembinaan- Memupuk kerja sama dalam bidang  pengembangan usaha disemua tingkat.d. Mendayagunakan keberadaan Anggota Tapak  Suci untuk menunjang kegiatan organisasi.e. Mendayagunakan Pencak Silat sebagai sarana  dakwah amar ma'ruf nahi munkar. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang berkualitas