Senin, 30 November 2015 | By: Unknown

Contoh Laporan Magang 2 di MTs DDI Teluk Tamiang



 

LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 2

MTs DDI TELUK TAMIANG


Oleh
Nama : AHMAD NADI
NIM : 10536449613





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
SEPTEMBER, 2015



DAFTAR ISI
Daftar Isi..............................................................................................................       ii
Lembar Pengesahan...........................................................................................       iv
Lembar Penilaian................................................................................................       v
Bab I PENDAHULUAN.........................................................................................       1
A.      Visi Misi Sekolah...................................................................................       1
B.      Profil Sekolah........................................................................................       2
Bab II PROSEDUR PELAKSANAAN.....................................................................       8
A.      Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan magang.....................       8
B.      Langkah-langkah menelaah.................................................................       9
Bab III PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN.....................................................       11
A.      Hasil Telaah..........................................................................................       11
A.1.   Kurikulum.....................................................................................       11
A.2.   Strategi pembelajaran yang digunakan guru..............................       17
A.3.   Rancangan RPP guru...................................................................       19
A.4.   Media pembelajaran yang digunakan guru................................       20
A.5.   Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru.................       20
B.      Hasil Pengembangan............................................................................       22
B.1.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)................................       22
B.2.   Bahan Ajar...................................................................................       25
B.3.   Asesmen.......................................................................................       26
C.      Refleksi dan Pembahasan.....................................................................       27
Bab V SIMPULAN DAN SARAN..........................................................................       28
A.      Simpulan...............................................................................................       28
B.      Saran.....................................................................................................       28
Daftar Pustaka....................................................................................................       29
Lampiran-lampiran.............................................................................................       30





BAB I
PENDAHULUAN
A.     Visi Misi Sekolah
1.      Visi
“Beriman dan bertaqwa (Berimtaq), berilmu pengetahuan teknologi (Beriptek), berakhlakul karimah dan beramalijyah islamiyah.”
Judikator Visi:
a.      Beriman kepada Allah swt, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Malaikat-malaikat-Nya, Hari Akhir
b.      Takut kepada Allah swt jika meninggalkan seluruh perintahnya dan takut kepada Allah swt jika mengerjakan seluruh larangannya
c.       Memiliki ilmu pengetahuan agama islam yang baik
d.      Memiliki ilmu pengetahuan umum/teknologi yang baik
e.      Memiliki ilmu pengetahuan seni dan keterampilan
f.        Memiliki pendidikan jasmani, kesehatan dan olah raga
g.      Mmemiliki akhlakul karimah/etika sosial yang baik
h.      Bermanfaat bagi orang lain/masyarakat
i.        Dapat menciptakan lapangan kerja yang islami
j.        Berprestasi dan beramal sesuai dasar agama islam


2.      Misi
a.      Menciptakan generasi muda islam yang senantiasa beriman ke pada Allah swt, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Malaikat-malaikat-Nya
b.      Menciptakan generasi muda islam yang sensntiasa menjalankan perintah Allah swt dan Rasul-Nya serta menjauhi seluruh apa yang dilarang-Nya
c.       Menciptakan generasi muda islam yang memiliki ilmu pengetahuan agama yang baik
d.      Menciptakan generasi muda islam yang memiliki ilmu pengetahuan umum/teknologi yang berorientasi ramah lingkungan
e.      Menciptakan generasi muda islam yang memiliki pengetahuan seni dan keterampilan
f.        Menciptakan generasi muda islam yang memiliki pendidikan jasmani, kesehatan dan olah raga
g.      Menjadikan manusia berakhlakul karimah/beretiaka sosial dalam masyarakat
h.      Menjadikan sesorang dapatmemberikan manfaat yang baik dalam masyarakat
B.      Profil Sekolah
·         Profil Madrasah
1.      Nama Madrasah                                       : MTs DDI Teluk Tamiang
2.      Nomor Identitas Madrasah
a.      Nomor Statistik Madrasah (NSM)      : 040463020006
b.      Nomor Identitas Sekolah (NIS)            : 210040
c.       Nomor Statistik sekolah (NSS)            : 204150902001
d.      Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)          : 30303420
3.      Provinsi                                                     : Kalimantan Selatan
4.      Kabupaten/Otonomi Daerah                    : Kotabaru
5.      Kecamatan                                                : Pulau Laut Barat
6.      Desa                                                          : Teluk Tamiang
7.      Jalan dan Nomor                                       : Jl. Abu Bakar RT. 02 No. 151
8.      Kode Pos                                                    : 72153
9.      Telepon/HP                                               : 082155114576
10.  E-mail                                                        : mtsddi.tu@gmail.com
11.  Daerah                                                      : Pedesaan
12.  Status Madrasah                                       : Swasta
13.  Kelompok Madrasah                                 : C
14.  Akreditasi                                                  : C
15.  Surat Kelembagaan                                  : Nomor, W.o/6.0/PP.03.2/2472/
                                                                   /1994 Tgl 28 Desember 1994
16.  Penerbit SK                                                : Kantor Wilalyah Departemen
                                                                    Agama Provinsi KalSel
17.  Tahun Berdiri                                            : 1992
18.  Tahun Perubnahan                                    : 2003
19.  Kegiatan Belajar Mengajar                      : Pagi Hari
20.  Lokasi Madrasah                                      
a.      Jarak ke Pusat Kecamatan                  : 19 Km
b.      Jarak ke Pusat Kabupaten/Otda         : ± 345 Km
c.       Jarak ke Pusat Provinsi                       : ± 729 Km
d.      Terletak Pada Lintasan                       : Pedesaan
21.  Jumlah Keanggotaan Rayon                     : -
22.  Organisasi Penyelenggara                        : Yayasan Pendidikan Riyadhul
                                                                    ‘Ulum Teluk Tamiang
23.  Perjalanan Perubahan Madrasah
a.      Tahun 1992-1999 Masa Aktif Definitif
b.      Tahun 2000-2002 Masa Filial
c.       Tahun 2003-Sekarang Masa Aktif Definitif
24.  Bank
a.      Nomor Rekening                                 :
b.      Bank                                                    : Bank BRI Cabang Kotabaru
c.       Nama Pemegang Rekening                : BORAHIM
d.      Atas Nama                                          : MTs DDI Teluk Tamiang
25.  Nama Ketua Komite Madrasah                : H. Sulaiman
26.  Alamat                                                      : Desa Teluk Tamiang RT. 02
·         Jumlah dan kualifikasi guru
NO.
NAMA LENGKAP
JENIS KELAMIN
PENDIDIKAN TERAKHIR
JABATAN FUNGSIONAL
STATUS
1
BORAHIM, SHI, S.PdI
L
S1
KAMAD
NON PNS
2
TAJUDDIN
L
MA
WALI KELAS
NON PNS
3
ELY RAHMAH, S.PdI
P
S1
WALI KELAS
NON PNS
4
MUHAMMAD SARIFUDDIN, S.Pd
L
S1
GURU MENENGAH
NON PNS
5
RISNA PATONG
P
SMA
WALI KELAS
NON PNS
6
RUDIANSYAH, S.Pd
L
S1
GURU MENENGAH
NON PNS
7
SIFA AMIN
L
SMA
GURU MENENGAH
NON PNS
8
ABDURRAHMAN BADAR
L
SMA
GURU MENENGAH
NON PNS
9
ZAINUDDIN
L
SMA
GURU MENENGAH
NON PNS
Tabel 1.1
·         Bangunan
No
Jenis Bangunan
Luas (m2)
Keadaan
Ada
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Ruang Kelas
297
3
2
1
-
2
Kantor
25
1
1
-
-
3
Perpustakaan
25
1
1
-
-
4
Laboratorium
-
-
-
-
-
5
Aula
-
-
-
-
-
6
Gudang
25
1
1
-
-
7
Toilet
16
2
-
-
2
8
Tempat Parkir
-
-
-
-
-
9
Asrama Siswa(i)
-
-
-
-
-
Tabel 1.2
·         Unit Kegiatan Siswa
Adapun unit kegiatan yang dilakukan siswa di MTs DDI Teluk Tamiang yaitu:
a.      Olahraga
b.      Upacara bendera
Upacara bendera dilakukan setiap hari senin mulai pukul 7.00 -8.30 dengan petugas upacara di tunjuk secara bergantian dari masing-masiang kelas




BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN
A.     Jumlah Siswa, Tempat, dan Waktu Pelaksanaan Magang 2
·         Jumlah siswa MTs DDI Teluk Tamiang
KELAS
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
JUMLAH ROMBEL
VII
8
18
26
1 LOKAL
VIII
13
14
27
1LOKAL
IX
13
14
27
1 LOKAL
JUMLAH
34
46
80
3 LOKAL
Tabel 2.1
·         Tempat Pelaksanaan Magang 2
Sesuai dengan rekomendasi penyelenggara program magang 2 yaitu agar mahasiswa yang memprogram mata kuliah agang 2 memilih tempat magang di sekolah asal masing-masiang, sehingga saya mengambil tempat untuk melaksanakan magang 2 di MTS DDI Teluk Tamiang yang merupakan sekolah asal saya.
Nama Sekolah                   : MTS DDI Teluk Tamiang
Nomor Statistik                 : 204150902001
Alamat Sekolah                 : Jl. Abu Bakar RT. 02 No. 151
Desa/Kelurahan                : Teluk Tamiang
Kecamatan                        : Pulau Laut Barat
·         Waktu pelaksanaan magang 2
Magang 2 dilaksanakan saat libur semester 4 (empat) dengan durasi waktu 11 (sebelas) Minggu. Namun saya melaksanakan kegiatan magang 2 ini di sekolah mulai tanggal 03 Agustus 2015 samai dengan 02 September 2015.
B.      Langkah-Langkah Menelaah
Dalam pelaksanaan kegiatan Magang 1 ini terdapat prosedur pelaksanaan yang harus dilaksanakan. Adapun  langkah-langkah  pengamatan  dalam pembuatan laporan adalah :
1.      Membawa surat ke sekolah untuk meminta persetujuan Kepala Sekolah sekaligus membicarakan waktu pelaksanaan magang.
2.      Melakukan kegiatan wawancara dengan kepala sekolah mengenai visi misi sekolah dan profil sekolah dan telaah dokumen
3.      Melakukan pengamatan mengenai kualifikasi guru serta keadaan ruangan di sekolah dan telaah dokumen.
4.      Melakukan pengamatan dalam kelas
5.      Melakukan pengamatan RPP yang di gunakan guru
Dalam proses magang ini, kepala sekolah bersangkutan meminta saya untuk melakukan pembelajaran matematika terhadapa salah satu kelas di sekolah tersebut, sehingga saya memilih kelas VII untuk melakukan pembelajaran tersebut.




BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A.     Hasil Talaah
A.1.   Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.  Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut:
a.      Tantangan internal
Tantangan internal antara lain terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 (delapan) standar nasional pendidikan yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.Tantangan internal lainnya terkait denganperkembangan penduduk indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. Saat ini jumlah penduduk indonesia usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak dari usiatidak produktif (anak-anak berusia 0-14 tahun dan orang tua berusia 65 tahun ke atas). Jumlah penduduk usia produktif ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2020-2035 pada saat angkanya mencapai 70%. Oleh sebab itu tantangan besar yang dihadapi adalah bagaimana mengupayakan agar sumberdaya manusia usia produktif yang melimpah ini dapat ditransformasikan menjadi sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan keterampilan melalui pendidikan agar tidak menjadi beban.
b.      Tantangan eksternal
Tantangan eksternal antara lain terkait dengan arus globalisasi dan berbagai isu yang terkait dengan masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional. Arus globalisasi akan menggeser pola hidup masyarakat dari agraris dan perniagaan tradisional menjadi masyarakat industri dan perdagangan modern seperti dapat terlihat di world trade organization (wto), association of southeast asian nations (asean) community, asia-pacific economic cooperation (apec), dan asean free trade area (afta).
Tantangan eksternal juga terkait dengan pergeseran kekuatan ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains serta mutu, investasi, dan transformasi bidang pendidikan. Keikutsertaan indonesia di dalam studi international trends in international mathematics and science study (timss) dan program for international student assessment (pisa) sejak tahun 1999 juga menunjukkan bahwa capaian anak-anak indonesia tidak menggembirakan dalam beberapa kali laporan yang dikeluarkan timss dan pisa. Hal ini disebabkan antara lain banyaknya materi uji yang ditanyakan di timss dan pisa tidak terdapat dalam kurikulum indonesia.
c.       Penyempurnaan pola pikirKurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:
1)      Penguatan pola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari dan gaya belajarnya (learning style) untuk memiliki kompetensi yang sama;
2)      Penguatan pola pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lainnya);
3)      Penguatan pola pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
4)      Penguatan pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan pendekatan pembelajaran saintifik);
5)      Penguatan pola belajar sendiri dan kelompok (berbasis tim);
6)      Penguatan pembelajaran berbasis multimedia;
7)      Penguatan pola pembelajaran berbasis klasikal-massal dengan tetap memperhatikan pengembangan potensikhusus yang dimiliki setiap peserta didik;
8)      Penguatan pola pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
9)      Penguatan pola pembelajaran kritis.
d.      Penguatan tata kelola kurikulumKurikulum 2013 dilakukan penguatan tatakelola sebagai berikut.
1)      Penguatan tata kerja guru lebih bersifat kolaboratif;
2)      Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
3)      Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran.
e.      Penguatan materiPenguatan materi dilakukan dengan cara pengurangan materi yang tidak relevan serta pendalaman dan perluasan materi yang relevan bagi peserta didik.Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
1)      Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
2)      Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari disekolah ke masyarakat dan memanfaatkanmasyarakat sebagai sumber belajar;
3)      Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
4)      Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
5)      Mengembangkan kompetensi inti kelasmenjadi unsur pengorganisasi (organizingelements) kompetensi dasar. Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;
6)      Mengembangkan kompetensi dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat,berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Kurikulum 2013 sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah terdiri atas:
a)      Kerangka dasar kurikulum;
b)      Struktur kurikulum;
c)      Silabus; dan
d)      Pedoman mata pelajaran.
Kompetensi inti pada kurikulum 2013 sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti terdiri atas:
a)      Kompetensi inti sikap spiritual;
b)      Kompetensi inti sikap sosial;
c)      Kompetensi inti pengetahuan; dan
d)      Kompetensi inti keterampilan.
Berdasarkan pengamatan di MTs DDI Teluk Tamiang, kurikulaum yang diberlakukan di sekolah tersebut adalah masih menggunakan kurikulum KTSP 2006. Hal ini disebabkan selain media yang tidak tersedia seperti buku paket K3 (baik buku guru maupun buku siswa) juga di sebabkan karena siswa(i) di sekolah tersebut belum mampu menerima K3 jika diterapkaan dalam pembelajaran. Sehingga kepala sekolah mengambil kebijakan untuk tetap menerapakan KTSP.
A.2.   Strategi pembelajaran yang digunakan guru
PembelajaranStrategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelaaran, yang pada akhirnya pembelajaran dapat dikuasainya pada akhir kegiatan belajar.Metode pembelajaran adalah cara/prosedur yang digunakan guru untuk mencapi tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat procedural, yaitu berisi tahapan tertentu, sedangkan teknik adalah cara yang digunakan, yang bersifat implemetatif. Metode yang dipilih oleh masing-masing guru bias sama, tetapi teknik pencapiannya yang berbeda-beda.
Berasarkan pengamatan di kelas, guru menggunakan model pembelajaran Make a match. Dalam model ini guru melakukan langkah-langkah berikut:
1)      Guru membagi peserta didik menjadi 3 (tiga) Kelompok, dari 3 kelompok tersebut terdapat satu kelompok sebagai penilai
2)      Guru mempunyai 3 buah kartu yang berisi soal yang harus di kerjakan, kelompok penilai di beriakan kartu yang memuat soal dari 2 kartu yang lain sedang kelompok yang lain dibeikan kartu dengan soal yang berbeda. Sehingga kelompok penilai mengerjakan semua soal yang ada.
3)      Setelah waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal, masing masing kelompeok (kecuali kelompok penilai) mempresentasikan hasil kerjanya, sedangkan kelompok penilai mencocokkan hasil kerjanya dengan kelompok yang sedang presetase
4)      Jika salah satu dari kelompok yang salah jawabannya, maka akan dikenakan sanksi yang telah ditentukan
5)      Setelalh itu guru kembali membahas soal yang ada.
A.3.   Rancangan RPP guru
         Menurut Smith & Ragan, “Proses sistematis dalam mengertikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pembelajaran. Proses sistematis dan berfikir dalam mengartikan prinsip belajar dan pemebelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pemebelajaran.”
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran unutk mencapai satu KD yang ditetapkan dalamstandar isi yang dijabarkan dalam silabus. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu,metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
RPP yang digunakan guru terlampir

A.4.   Media pembelajaran yang diguanakn guru
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Berdasarkan pengamatan di MTs DDI Teluk Tamiang, guru hanya menggunakan media pembelajan seperti buku paket guru, papan tulis, dan buku referensi lain. Hal ini dapat saja mengakibatkan pembelajaran kurang efektif, entah waktu yang memerlukan waktu yang banyak atau penyampaian materi yang sulit dipahami.
A.5.   Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru
Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan,dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan, dan penetapan kualitas (nilai dan arti ) pembelajaran terhadap berbagai komponen pembelajaran, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu, sebagai bentuk pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran. (Arifin. 2012: 9). Atau dengan kata lain evaluasi pembelajaan merupakan sebuah kegiatan mereka ulang untuk mengetahui hal-hal penting baik yang berupa kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dengan harapan agar dapat melakukan yang terbaik pada saat kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya. Bagi seorang tenaga pendidik yang memiliki wewenang untuk memotori kegiatan pembelajaran maka evaluasi pembelajaran ini sangat penting untuk mereka perhatikan. Evaluasi pembelajaran ini memiliki berbagai fungsi utama yang diantaranya:
1)      Evaluasi pembelajaran sangat baik digunakan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat pada saat pembelajaran yang telah berlangsung. Dengan mengetahui kekurangan pembelajaran yang terdahulu maka seorang tenaga pendidik akan dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran yang selanjutnya.
2)      Lalu selain kekurangan tenaga pendidik juga akan menemukan kelebihan yang dengannya dapat diupayakan untuk dipertahankan atau ditingkatkan pada pembelajaran yang selanjutnya.
3)      Sebagai dasar perencanaan kegiatan pembelajaran yang akan datang. Seorang tenaga pendidik dapat menjadikan hasil evaluasi pembelajaran tersebut sebagai dasar penentuan target yang hendak dicapai pada pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya.
Berdasarkan telaah RPP yang digunakan guru di MTs DDI Teluk Tamiang, system evaluasi yang digunakan adalah tugas individu, kuis, dan ulangan harin dengan instrument yaitu seperti uraiaan singkat dan pilihan ganda.
B.      Hasil Pengembangan
B.1.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1)      Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2)      Partisipasi aktif peserta didik.
3)      Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
4)      Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
5)      Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
6)      Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduanantara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7)      Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8)      Penerapan teknologi informasi dan komunikasisecara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen-komponen Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) standar proses No 65 Th 2013.
1)      Identitas sekolah
2)      Identitas mata pelajaran
3)      Kelas/semester
4)      Materi pokok
5)      Alokasi waktu
6)      Tujuan pembelajaran
7)      Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi
8)      Materi pembelajaran
9)      Alokasi waktu
10)  Metode pembelajaran
11)  Media pembelajaran
12)  Sumber belajar
13)  Langkah-langkah pembelajaran
14)  Penilaian hasil pembelajaranBerdasarkan
Berdasarkan hasil pengamatan RPP yang telah dibuat oleh guru di MTs DDI Teluk Tamiang sudah sesuai dengan komponen-komponen Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) standar proses No 65 Th 2013 di atas. memuat identitas sekolah (sekolah, matapelajaran, Kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu), Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran metode pembelajaran, media, alat,sumber pembelajaran, langkah-langkahkegiatan pembelajaran (pendahuluan, kegiatan inti, dan penup), penilaian (jenis/teknik penilaian, bentuk instrumen dan instrumen, pedoman penskoran). Contoh RPP terlampir
B.2.   Bahana Ajar
bahan ajarBahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksnakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud dapat berupa bahan tertulis maupun bahan yang tidak tertulis. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan komponen pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai bahan  belajar bagi siswa dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar di kelas. Bahan ajar yang digunakan guru Matematika di MTs DDI Teluk Tamiang berupa buku teks paket, dan buku referensi lain. Bahan ajar ini membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.Pengembahan bahan ajar di sekolah perlu memperhatikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum. Yaitu menuntut adanya partisipasi dan aktivasi siswa lebih banyak dalam pembelajaran. Pengembangan lembar kegiatan siswa menjadi salah satu alternative bahan ajar yang akan bermanfaat bagi siswa menguasai kompetensi tertentu.
B.3.   Asesmen
Dalam mengetahui tingakat pemahaman siswa perlu diadakan penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar ini dapat disebut juga sebagai evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu komponen yang yang harus di capai guru dan siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Evaluasi dapat mencakup penilaian Kompetensi Inti sikap spiritual, Kompetensi Inti sikap social, Kompetensi Inti pengetahuan dan Kompetensi Inti keterampilan. Pengembangan yang dilakukan dalam evaluasi dapat berupa lembar pengamatan sikap dan rubric penilaian, tes penialaian kinerja untuk mendiskripkan materi, tes uraian. Perangkat yang dapat digunakan dapat mecakup media pembelajaran yang digunakan oleh guru.


C.      Refleksi dan Pembahasan
Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad (MTs DDI) Teluk Tamiang adalah madrasah swasta lanjutan tingkat pertama yang berada di Teluk Tamiang kecamatan pulau laut barat, kabupaten kota baru provinsi Kalimantan selatan. MTs DDI Teluk Tamiang didirikan pada tahun 1992 oleh tokoh-tokoh masyarakat desa Teluk Tamiang dan mulai beroperasi pada tahun tersebut.
MTs DDI Teluk Tamiang sekarang masih menggunakan kurikulum KTSP 2006. Karena sesuatu hal, kepala sekolah tidak mengalihkan kurikulum KTSP 2006 ke kurikulum 2013. Adapun strategi yang digunakan guru ialah strategi pembelajaran kooperatif dan salah satu model yang biasa dipakai adalah model pembelajaran Make a Macth (sesuai pengamatan di ruang kelas).
Perangkat pembelajaran yang dipakai berupa silabus dan RPP, RPP yang dibuat berdasarkan standar proses No 65 Th 2013 sehingga RPP yang digunakan sudah sesuai.



BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.     Simpulan
1)      MTs DDI Teluk Tamiang adalah madrasah swasta lanjutan tingkat pertama yang berada di Teluk Tamiang kecamatan pulau laut barat, kabupaten kota baru provinsi Kalimantan selatan. MTs DDI Teluk Tamiang terakreditasi C dengan 80 siswa
2)      Guru di MTs DDI Teluk Tamiang menggunakan perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP dengan RPP yang dibuat disesuaikan dengan standar proses No 65 Th 2013.
3)      Dalam pelaksanaan pembelajaran guru di MTs DDI Teluk Tamiang menggunakan beberapa model pembelajaran salah satunya seperti model make a macth.
4)      System evaluasi yang digunakan seperti tugas individu, kuis, dan ulangan harin dengan instrument yaitu seperti uraiaan singkat dan pilihan ganda.
B.      Saran
1)      Perlunya menambahkan beberapa media pembelajaran, bukan hanya mengandalkan buku paket pegangan guru saja sehingga pembelajaran  lebih efektif.
2)      Pemberian pelajaran seharusnya sesuai benar dengan RPP yang ada baik itu dari segi penyampaian maupun penggunaan waktu yang ada.
3)      Perlunya menambahkan unit kegiatan siswa agar potensi semua siswa menonjol.
DAFTAR PUSTAKA
Buku panduan magang 2 fkif
Berdiyati, Eka. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM. Bandung: Griya Asri

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang berkualitas