Jumat, 23 Januari 2015 | By: Unknown

Contoh Laporan Kegiatan Magang 1 di SMAN 1 Pulau Laut Barat




LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 1
SMA NEGERI 1 PULAU LAUT BARAT


Oleh
Nama :Ahmad Nadi
NIM   :10536449613




PROGRAM STUDI STRATA SATU
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN IMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
AGUSTUS, 2014


LEMBAR
PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 1

Laporan Program Magang 1 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat Tahun ajaran 2014 / 2015 dinyatakan diterima dan disahkan
                        Yang melaksanakan kegiatan ini
                        N a m a                       : Ahmad Nadi
                        NIM                             : 10536449613
                        Jurusan                        : Pendidikan Matematika
                        Program Studi             : Strata satu (S1)
                        Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)


Makassar,  Agustus 2014
Disahkan oleh,
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 PLB                                                   Dosen Pengampu



Drs. Abdul Rokhim, MM.                                                      ………………………………..
NIP. 19680214 199802 1 003



LEMBAR PENILAIAN


Berdasarkan pengamatan dan laporan program Magang 1 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar


Nama                                        : AHMAD NADI
NIM                                           : 10536449613
Jurusan                                     : PENDIDIKAN MATEMATIKA
Program Studi                          : STRATA SATU (S1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Maka guru dan dosen pembimbing memberikan nilai A/B/C/D/E)* (…………) pada kegiatan ini.

                                                                              Makassar,…………………….
Mengetahui                                                                      Dosen Pengampu
Kepala Sekolah SMAN 1 PLB


(Drs. Abdul Rokhim, MM)                                                   …………………………….
NIP. 19680214 199802 1 003
)* Coret yang tidak perlu


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami kemudahan sehingga dapat menyelesaikan Laporan Magang 1 ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah program Magang 1.
Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya laporan ini dapat terselesaikan. Semoga laporan ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.



Penyusun,


DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan........................................................................................... i......
Lembar Penilaian.............................................................................................. ii
Kata Pengantar................................................................................................ iii
Daftar Isi........................................................................................................... iv
Bab I PENDAHULUAN.................................................................................. 1......
A.        Visi Misi Sekolah................................................................................ 1......
B.        Profil Sekolah..................................................................................... 1......
Bab II PROSEDUR PELAKSANAAN........................................................ 10......
A.        Jumlah siswa, Tempat dan waktu pelaksanaan Magang 1................ 10......
B.        Langkah-langkah melakukan pengamatan........................................ 11......
Bab III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN........................ 16......
A.      Hasil Pelaksanaan............................................................................. 16......
1.      Deskripsi hasil pengamatan langsung kultur sekolah................... 16......
2.      Deskripsi  hasil  pengamatan  untuk  membangun   kompetensi
dasar pedagogic kepribadian dan social...................................... 23......
3.      Deskripsi hasil  pengamatan untuk  memperkuat  pemahaman
peserta didik................................................................................ 30......
4.      Deskripsi   hasil   pengamatan    langsung   proses   pembelajara
 di kelas........................................................................................ 32......
5.      Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran.......................... 36......
B.       Pembahasan...................................................................................... 36......
Bab V SIMPUlAN DAN SARAN................................................................. 39......
A.    Simpulan............................................................................................ 39......
B.     Saran.................................................................................................. 39....
Daftar Pustaka................................................................................................. vi
Lampiran......................................................................................... Page 1 of 13

Bab I PENDAHULUAN
A.      Visi Misi Sekolah
1.        Visi SMAN 1 PLB.
“Mewujudkan SMA Negeri 1 PLB unggul dalam prestasi akademik dan nonakademik berdasarkan iman dan taqwa”
2.      Misi SMAN 1 PLB.
a.         Menyediakan sarana belajar yang memadai dan lengkap
b.        Menyediakan pelayanan belajar yang efektif
c.         Meningkatkan prestasi kurikuler dan ekstrakulikuler
d.        Menumbuhkan minat baca
e.         Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
f.         Meningkatkan wawasan teknologi, informasi dan komunikasi
B.       Profil Sekolah
       SMAN 1 PLB yang biasa di sebutkan SMANSA Pulau Laut Barat ini merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Atas yang berstatus negeri di kecamatan Pulau Laut Barat. Sekolah ini terletak jauh dari perumahan masyarakat sehingga tidak mudah terganggu dari berbagai aktifitas masyarakat yang ada. Berikut paparan profoil SMAN 1 PLB:
1.        Nama sekolah                        :SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat
2.        Nomor Statistik Sekolah
 (NSS)                                   :301150902000
3.        Alamat Sekolah                     :Jl. Transmigrasi km 2 Lontar
a.         Kecamatan                     :Pulau Laut Barat
b.        Kabupaten                      :Kotabaru
c.         Provinsi                          :Kalimantan Selatan
d.        Kode Pos                       :72153
4.        E-mail                                    :smanplb.kotabaru@gmail.com
5.        Status sekolah                       :Negeri
6.        No. Akte pendirian Terakhir :SK No.30/Tahun 2003, 02 juni 2003
7.        Tahun Berdiri sekolah           :2003
8.        Terakreditasi                         :B
No
Status/ Jabatan
Tingkat Pendidikan Terakhir
< SLTP
SLTA
D2
D3
S1
S2
S3
1.
Kepala Sekolah
-
-
-
-
-
1
-
2.
Guru PNS
-
-
-
-
15
-
-
3.
Guru Bantu/Honor
-
-
-
-
8
-
-
4.
Tata Usaha
-
1
-
-
1
-
-
5.
Penjaga Perpus.
-
1
-
-
-
-
-
6.
Penjaga sekolah
1
-
-
-
-
-
-
7.
Satpam
-
1
-
-
-
-
-
9.        Kwalifikasi guru dan tenaga pendukung








10.    Jumlah Ketersediaan Ruangan
a.       Ruangan Pokok
No.
Nama Ruangan
Jumlah
Kondisi
1.
Ruang Kelas/Belajar
15
Baik
2.
Kantor (Kepsek/Guru/Komite)
1
Baik

b.      Ruangan Penunjang
No.
Nama Ruangan
Jumlah
Kondisi
1.
Ruang Perpustakaan
1
Baik
2.
UKS
1
Baik
3.
Mushallah
1
Baik
4.
Laboratorium Fisika
1
Kurang
5.
Ruang OSIS
1
Baik
6.
WC Guru
1
Baik
7.
WC Siswa(i)
6
Cukup

11.    Kegiatan Ekstrakulikuler
a.         Pramuka
b.        Majelis Taklim
c.         Bola Volly
d.        Tenis Meja
12.    Lain-lain
a.         Lapangan (Futsal , Tenis meja, Bola Voly dan sepak takraw)
b.        Tempat prkir guru dan siswa
c.         Tempat duduk di bawah pohon halaman sekolah 7 buah
13.    Denah Sekolah
13
12
11
10
9
8
7
6
5
4
21
19
18
17
16
15
   20
1
3
2


24


23
25
25
22
14
22
 


 

Keterangan Denah:
1.        Ruangan Kepala Sekolah       20.  Perpustakaan
2.        Ruangan Guru                        21.  Musallah
3.        Ruang Koomputer                  22.  Tempat Parkir Siswa
4.        Tempat Parkir Guru                23.  Lapangan Futsal
5.        Kelas XI IPA                         24.  Lapangan Voli dan Takraw
6.        Kelas XI IPS I                       25.  Tempat Nginap Guru
7.       

Kelas XI IPS ii                              WC Guru
8.        Kelas XI IPS iii                             WC Siswa
9.        Kelas XI IPS iv                              Tempat Duduk Bawah Pohon
10.    Kelas XII IPS I                             Ruang UKS
11.    Kelas XII IPS ii                             Ruang OSIS           
12.    Kelas XII IPS iii                            Laboratorium Fisika
13.    Kelas XII IPS iv                            Pintu Pagar
14.    Kelas XII IPA                               Sumur
15.    Kelas X IPA                                  Warung
16.    Kelas X IPS i
17.    Kelas X IPS ii                              
18.    Kelas X IPS iii
19.    Kelas X IPS iv


14.    Program Kerja Tahunan
a.         Umum
1)        Pembuatan program kerja tahunan
2)        Fungsional ruangan/lingkungan
3)        Fungsional ketenagaan
4)        Rapat-rapat
5)        Upacara sekolah
b.        Kurikulum
1)        Pembagian tugas mengajar/menyusun jadwal
2)        Penyusunan program pengajaran
3)        Penyajian pelajaran pelaksanaan KBM
4)        Evaluasi belajar mengajar
5)        Ujian akhir sekolah
6)        Kenaikan kelas/pilih program
7)        Laporan evaluasi
c.         Kesiswaan
1)        Penerimaan murid baru
2)        Penataran/orientasi
3)        Pendidikan/pengajaran
4)        Bimbingan dan konseling
5)        Pembinaan siswa
6)        Ekstrakulikuler
d.        Ketenagaan
1)        Peningkatan profesi guru/karyawan
2)        Pembinaan mental spiritual
3)        Pembinaan tugas guru/karyawan
4)        Pengisian DP3
5)        Pengisian angka kredit
6)        Laporan ketenagaan
e.         Sarana/Prasarana
1)        Inventarisasi sarana/prasarana
~          Perlengkapan Kantor/kelas
~          Alat/bahan laboratorium, buku-buku
~          Perpustakaan
2)        Pengadaan barang/inventaris
3)        Pemelliharaan gedung/rehab
4)        Laporan inventaris
f.         Keuangan
1)        Inventarisasi sumber keuangan sekolah
2)        Pengelolaan sumber keuangan sekolah
3)        Pembuatan/penyetoran SPJ
4)        Penyusunan laporan keuangan
5)        Pemeriksaan laporan keuanga
g.        Ketatanegaraan
1)        Administrasi ketenagaan
2)        Administrasi siswa
~          Buku induk
~          Buku klaper
~          Buku mutasi
3)        Kenaikan berkala
4)        Usulan kenaikan pangkat
5)        Pengarsipan surat menyurat
6)        Laporan ketatausahaan
e.         Hubungan Masyarakat
1)        Hubungan dengan komite sekolah
2)        Menyusun RAPBS/RAPBM
3)        Rapat pleno
4)        Rapat pengurus
5)        Konsultasi dengan instansi
f.         Supervisi
1)        Pemeriksaan administrasi PBM
2)        Kunjungan kelas
3)        Pemeriksaan srana/prasarana
4)        Pemeriksaan administrasi tata usaha
5)        Pemeriksaan 8K
6)        Pemeriksaan keuangan


Bab II PROSEDUR PELAKSANAAN MAGANG
A.      Jumlah Siswa, Tempat dan Waktu Pelaksanaan Magang 1
a.         Jumlah Siswa
SMAN 1 PLB yang dapat dikatakan berada di tempat pelosok daerah juga mempunyai siswa yang tergolong banyak dengan melihat tempatnya yang jauh dari perkotaan. Jumlah siswa SMAN 1 PLB sebanyak 466 siswa dengan masing-masing laki-laki berjumlah 243 orang dan perempuan berjumlah 223 orang. SMAN 1 PLB mempunyai 15 ruangan pembelajaran dengan rincian sebagai berikut:
·           Kelas X 5 kelas dengan jumlah siswa 152 yang masing-masing laki-laki berjumlah 85 orang dan perempuan berjumlah 73 orang.
·           Kelas XI 5 kelas dengan jumlaah siswa 162 yang masing-masing laki-laki berjumlah 83 orang dan perempuan berjumlah 79 orang.
·           Kelas XII 5 kelas dengan jumlah siswa 146 yang masing-masing laki-laki berjumlah 75 orang dan perempuan berjumlah 71 orang.
b.        Tempat pelaksanaan magang 1
Tempat pelaksanaan magang 1 yang saya laksanakan bertempat di SMAN 1 PLB dengan alamat Jl. Transmigrasi km 2 Lontar. Untuk pengamatan di dalam kelas saya melakukannya di kelas XII IPA, yang pada saat itu belajar tentang Matriks yang di ajarkan oleh guru yang bernama Catur Ibnu Raharjo, S.Pd.
c.         Waktu pelaksanaan magang 1
Jangka waktu yang diberi dalam melaksanakan magang 1 adalah mulai tanggal 04 Agustus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2014. Namun saya hanya menggunakan waktu satu minggu untuk mengumpulkan data yang saya perlukan dalam lapaoran ini. Saya mulai ke sekolah tanggal 06 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2014.
B.       Langkah-Langkah Melakukan Pengamatan
Dalam melakukan pengamatan di sekolah, saya mulai datang ke sekolah pada hari Rabu, 6 Agustus 2014 meskipun saya tahu bahwa SMAN 1 Pulau Laut Barat sebagai sasaran saya untuk melakukan pengamatan sudah masuk pada hari Senin, 4 Agustus 2014. Karena saya termasuk alumni dari sekolah tersebut jadi saya tahu benar bahwa di sekolah itu jika baru masuk setelah libur panjang belum aktif dalam pembelajaran sampai beberapa hari dan itu yang terjadi. Maka dari itu saya memutuskan untuk datang pada hari Rabu.
a.         Rabu, 06 Agustus 2014
Pada hari itu saya datang ke SMAN 1 PLB dengan tujuan memasukkan surat ijin ke sekolah tersebut terlebih dahulu. Pemandangan yang pertama saya lihat ketika masuk pintu gerbang adalah kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh semua siswa untuk membersihkan halaman sekolah mereka dengan di awasi bebrapa guru. Saya langsung masuk kantor  dan masuk keruangan guru, hal pertama saya lakukan adalah menyalami semua guru sebagi tanda silaturahim terlebih dahulu karena mereka termasuk guru saya pada saat masih sekolah. Tanpa banyak tingkah saya langsung berbicara denga salah satu guru yang ada dan menjelaskan tujuan saya. Setelah itu, saya di suruh menghadap kepihak kurikulum. Saya langsung ke pihak kurikulum menjelaskan tujuan saya dan memperlihatkan surat permohonan saya kepada beliau, namun beliau tidak berani memberikan ijin tanpa sepengetahuan kepsek yang pada saat itu tidak ada di tempat, sehingga saya di suruh datang besok  karna pak kepsek baru bisa datang besok.
b.        Kamis, 7 Agustus 2014
Keesokan harinya saya datang kembali ke sekolah tersebut dengan tujuan yang sama pada hari pertama. Saya datang sekitar pukul delapan pagi dan menunggu bapak Kepsek datang sambil cerita-cerita dengan beberapa guru di kantor. Hampir tiga jam saya menunggu dan sudah berpikir akan kembali kerumah, tidak lama kemudian bapak kepala sekolah datang. Setelah beberapa saat saya langsung menghadapa beliau untuk memberitahukan maksud dan tujuan saya. Tidak banyak tanya beliau memperbolehkan saya untuk melaksanakan magang di sekolah tersebut kapan saja saya mau mulai. Pada hari itu saya tidak langsung observasi karena melihat waktu yang suadah tidak memungkinkan untuk melakukannya karena tidak lama lagi waktu pulang untuk siswa. Jadi saya memutuskan untuk memulai observasi keesokan harinya.
c.         Jumat, 8 Agustus 2014
Baju batik dengan celana kain hitam berjalan di atas sepatu hitam, meskipun belum mengajar pada hari itu saya merasa seperti guru sungguhan. Pada hari pertama itu saya melakukan observasi mengenai kurtur sekolah dengan bertanya-tanya kepada wakil kepala sekolah tentang visi misi sekolah, keadaan, kondisi dan sebagainya. Sambil menjelaskan tentang kondisi di sekolah beliau memperlihatkan dokumen tentang propil sekolah yang terpampang juga di dalamnya visi misi dengan jelas. Pada hari itu pun saya menulis semua data yang saya perlukan untuk kemudian dimasukkan di laporan ini.
d.        Sabtu, 9 Agustus 2014
Hari ini saya melanjutkan obsevasi masih sekitar kultur sekolah, tapi saya keluar kantor melihat-lihat kondisi disekitar, seperti mushallah, kelas, laboratorium, perpustakaan dan sebagainya. Kemudian saya kembali kekantor bertanya-tanya hal-hal yang perlu saya tanyakan seperti jumlah kelas, kelayakan ruangan, dan yang unik lagi saya tanya mengenai lapangan yang mempunyai dua fungsi yaitu lapangan bola voly yang juga sebagai lapangan sepak takraw.
e.         Senin, 11 Agustus 2014
Karena pada hari itu adalah hari Senin, seperti rutinitas di sekolah pada umumnya bahwa setiap hari Senin mereka melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih. Jadi saya memulai observasi setelah upacara selesai.
          Pada hari itu saya mendapat beberapa data dari ketua OSIS di sekoah itu seperti kegiatan-kegiata apa saja yang mereka lakukan di lakukan di sekolah dalam hal ini adalah ekstrakulikuler mereka. Pada hari itu juka saya mengumpulkan data berupa program kerja di sekollah tersebut dengan bertanya kepada wakil kepsek serta diperlihatkannya daftar proker tersebut terpampang di dalam ruangan kepala sekolah.
f.         Selasa, 12 Agustus 2014
Pada hari Selasa itu saya kembali melakukan observasi dan pada hari itu saya mulai pengamatan di dalam kelas, saya melakukan observasi di kelas XII IPA yang pada saat itu di ajar oleh guru matematika yang bernama Bapak Catur Ibnu Raharjo, S.Pd.
Dalam pengamatan ini, saya duduk di belakang peserta didik dan memperhatikan cara beliau mengajar serta memperhatikan para peserta didik dalam menerima penjelasan dari guru mereka.
g.        Rabu, 13 Agustus 2014
Saya melanjutkan pengamatan saya pada hari Rabu dan merupakan observasi terakhir saya di sekolah itu. Saya melanjutkan mengenai pemahaman peserta didik dan komentar mereka mengenai pelajaran yang mereka pelajari pada saat saya melakukan pengamatan di kelas mereka. Pada saat itu saya bertanya apakah mereka mudah memahami dan menyenangi cara penyampaian guru mereka.

Bab III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A.       Hasil Pelaksanaan
1.        Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultus Sekolah
           Istilah “kultur” pada mulanya datang dari disiplin ilmu Antropologi Sosial. Apa yang tercakup dalam definisi budaya sangatlah luas. Istilah kultur dapat diartikan sebagai totalitas pola perilaku, kesenian, kepercayaan, kelembagaan, dan semua produk lain dari karya dan pemikiran manusia yang mencirikan kondisi suatu masyarakat atau penduduk yang ditransmisikan bersama. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, budaya (cultural) diartikan sebagai pikiran, adat istiadat, sesuatu yang sudah berkembang, sesuatu yang menjadi kebiasaan yang sukar diubah. Dalam pemakaian sehari-hari, orang biasanya mensinonimkan pengertian budaya dengan tradisi (tradition). Dalam hal ini, tradisi diartikan sebagai ide-ide umum, sikap dam kebiasaan dari masyarakat yang nampak dari perilaku sehari-hari yang menjadi kebiasaan dari kelompok dalam masyarakat tersebut.
            Deal dan Kent mendefinikan “kultur sekolah sebagai keyakinan dan nilai-nilai milik bersama yang menjadi pengikat kuat kebersamaan sebagai warga suatu masyarakat”. Menurut definisi ini, suatu sekolah dapat saja memiliki sejumlah kultur dengan satu kultur dominan dan sejumlah kultur lainnya sebagai subordinasi. Sejumlah keyakinan dan nilai disepakati secara luas di sekolah dan sejumlah kelompok memiliki kesepakatan terbatas di kalangan mereka tentang keyakinan dan nilai-nilai tertentu. Stolp dan Smith menyatakan:
           “ kultur sekolah adalah suatu pola asumsi dasar hasil invensi, penemuan oleh suatu kelompok tertentu saat ia belajar mengatasi masalah-masalah yang berhasil baik serta dianggap valid dan akhirnya diajarkan ke warga baru sebagai cara-cara yang dianggap benar dalam memandang, memikirkan, dan merasakan masalah-masalah tersebut.”
           Jadi, kultur sekolah merupakan kreasi bersama yang dapat dipelajari dan teruji dalam memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi sekolah dalam mencetak lulusan yang cerdas, terampil, mandiri dan bernurani.
·           Visi Misi
Visi merupakan gambaran masa depan mau jadi apa lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai sedangkan Misi adalah apa yang bisa dilakukan untuk mencapai gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi apa untuk mencapai visi kita. Sebagai suatu lembaga, SMAN 1 PLB. Tempat saya magang mempunyai visi dan misi yang tertulis, dipajang serta sesuai dengan kondisi sekolah. Visi misi tersebut di susun oleh kepala sekolah, komite dan guru, namun visi misi tersebut hanya terpampang dalam ruangan kepala sekolah sehingga tidak mudah di akses dan dilihat oleh orang lain.
·           Rencana Kegiatan Sekolah
SMAN 1 PLB juga memiliki Rencan Kegiatan Sekolah (RKS) namun kerangkanya tidak sistematis dan tidak di perbaharui setiap tahun. Hal ini disebabkan karena kepala sekolah di sana jarang berada di sekolah, hanya berhadir 2 sampai 3 hari saja dalam satu minggu. Memang terpampang daftar rencana kegiatan sekolah di dalam ruangan kepala sekolah namun daftar tersebut kebanyakan tidak terlaksana.
·           Data Inventaris Sekolah dan Data Ketenagaan
Inventaris berasal dari bahasa latin “inventarium” yang berarti daftar barang-barang, bahan dan sebagainya. Berarti inventaris sekolah adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik sekolah ke dalam suatu daftar inventaris barang secara tertib dan teratur menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku.
Sebagai sekolah yang berstatus Negeri, SMAN 1 PLB memiliki data invetaris sekolah yang mana data tersebut di ketahui oleh pihak ketenagaan seperti tata usaha. barang-barang yang mempunyai data inventaris seperti buku, bangku siswa, meja siswa, kursi guru, meja guru dan fasilitas-fasilitas lainnya baik di ruangan kelas maupun di perpustakaan. Data tersebut di perbaharui secara regular dan sistematis.
Adapun data ketenagaan sebagai berikut:
No.
Nama
Pendidikan Terakhir
Jabatan
1
Abdul Gaffar,S.Pd
S1
Tata Usaha
2
Devi Darsiana Sari
SMA
Pustakawati
3
Hamrana
SMA
Tata Usaha
4
Suriansyah
SMA
Security
5
Abdullah
SR
Penjaga Sekolah

Data siswa sebagai berikut:
No.
Kelas
Laki-Laki
Perempuan
Jumlah
1
X
85
73
158
2
XI IPA
14
14
28
XI IPS
69
65
134
3
XII IPA
16
19
35
XII IPS
59
52
111
Jumlah
243
223
466

·           Ketersediaan Sumber Air Bersih
“Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan secara berkelanjutan”. Mungkin pernyataan tersebut menjadi alasan sehingga terbuatnya sumber air berupa sumur di SMAN 1 PLB sehingga kebutuhan akan air bersih dapat terpenuhi. SMAN 1 PLB memiliki dua sumur yang merupakan sumber air yang berada masing-masing di dalam pagar dan luar pagar sekolah. Sumur yang di dalam pagar sekolah digunakan seperti di kamar kecil, menyiram tanaman, membersihkan atau mengepel lantai. Sedangkan  sumur yang berada di luar pagar sekolah di gunakan seperti berwudhu dan mandi.
·           Ketersediaan kamar kecil/toilet
Kamar kecil/toilet juga tidak kalah penting disediakan dalam sebuah sekolah, begitupun di SMAN 1 PLB yang menyediakan beberapa toilet di beberapa sudut sekolah. Toilet untuk siswa berjumlah 6 toilet yang bersifat umum (tidak di bedakan antara laki-laki dan perempuan). Sedangkan toilet untuk guru dan stafnya berada di dalam kantor. Untuk kebersihan toilet siswa di berikan jadwal untuk siswa yang membersihkan setiap harinya secara bergantian.
·           Ketersediaan bak sampah dan kebersihan
Sekolah ini juga memiliki bak sampah di depan setiap kelasnya, karena setiap wali kelas menugaskan siswanya untuk membuat bak sampah dengan tujuan menjaga kebersihan bersama. Tidak hanya itu, bahkan ada beberapa kelas yang mempunyai tempat sampah di dalam ruangan kelas.
Jika berbicara kebersihan, sekolah ini juga memiliki kebersihan yang menurut saya patut dicontoh. Setiap kelas di sekolah ini tidak di perbolehkan siswa memasuki ruangan dengan menggunakan alas kaki bahkan gurunya sekalipun meskipun tidak semua guru melakukannya. Jika kita melihat di halaman sekolah, sampah yang terlihat kebanyakan daun yang berserakan dibanding sampah seperti bungkus makanan. Karena sebagian besar warga sekolah membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang sudah terkumpul di bak sampah akan di buang ke suatu tempat yang sengaja di buat sebagai tempat pembakaran sampah.
·           Lapangan olah raga
Lapangan olah raga di SMAN 1 PLB tidak terlalu memadai, hal ini di karenakan kondisi halaman sekolah tidak memungkinkan seperti sempitnya lokasi halaman sekolah, tanah halamannya tidak rata dan lain sebagainya. Lapangan olah raga yang ada hanya beberapa sepaeti lapangan futsal, sepak takraw, bola voly dan tenis meja, itu-pun lapangan sepak takraw di gabung dengan lapangan bola voly sehingga jika di pakai bermain takraw tidak bisa bermain voly begitupun sebaliknya. Namun, ada beberapa olah raga yang di pakai di lapangan futsal seperti lempar lembing dan lempar peluru.
·           Tata tertib kelas
Tata tertib kelas di sekolah ini memang ada namun tidak terpampang di dalam ruangan kelas, hanya ada dalam bentuk berkas yang di berikan kepada setiap siswa yang baru masuk di sekolah itu. Meskipun demikian, setiap guru juga mempunyai peraturan tersendiri yang diberlakukan pada saat mengajar di dalam ruangan seperti halnya di perkuliahan yang biasa di sebut kontrak kuliah dan dari siswa sebagian besar mematuhinya.
·           Kedisiplinan
Kedisiplinan merupakan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Di SMAN 1 PLB bisa dikatakan kedisiplinan siswanya kurang, karena tidak sedikit siswa terlambat setiap harinya karena banyak yang beralasan rumah mereka jauh dari sekolah sehingga mendapat hukuman dan hukuman yang di beripun cukup logis seperti membersihkan halaman sekolah, membersihkan toilet. Masih ada beberapa pelanggaran yang sering dilakukan oleh siswa, seperti tidak lengkapnya aksesoris yang dikenakannya pada saat upacara setiap hari senin.
2.        Deskripsi Hasil Pengamatan untuk Membangun Kompetensi Dasar Pedagogik, Kepribadian dan Sosial
a.         Kompetensi Pedagogik
Menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 1 ayat (10) disebutkan, “kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan prilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.”(UU RI No 14 Tahun 2009:4)
Pedagogik berasal dari bahasa Yunani yakni paedos yang artinya anak laki- laki, dan agogos yang artinya mengantar, membimbing. Jadi pedagogik secara harfiah membantu laki- laki zaman Yunani Kuno yang pekerjaannya mengantarkan anak majikannya pergi ke sekolah, (Saudagar, 2009: 32).
Menurut Musfah (2011: 31) bahwa: Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi: (a) Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; (b) pemahaman tentang peserta didik; (c) pengembangan kurikulum / silabus; (d) perancangan pembelajaran; (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; (f) evaluasi hasil belajar; dan (g) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Menurut Sagala (2009: 31) bahwa: Kompetensi pedagogik adalah terdiri dari Sub- Kompetensi (1) berkontribusi dalam pengembangan KTSP yang terkait dalam mata pelajaran yang diajarkan; (2) mengembangkan silabus mata pelajaran berdasarkan standar kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD); (3) merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus yang telah dikembangkan; (4) merancang manajemen pembelajaran dan manajemen kelas; (5) melaksankan pembelajaran yang pro- perubahan (aktif, kreatif, inovatif, eksperimentif, efektif dan menyenangkan); (6) menilai hasil belajar peserta didik secara otentik; (7) membimbing peserta didik dalam berbagai aspek, misalnya: pelajaran, kepribadian, bakat, minat, dan karir dan (8) mengembangkan profesionalisme diri sebagai guru.
Berdasarkan pengertian diatas, maka kompetensi pedagogik guru yaitu kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Secara rinci setiap subkompetensi dijabarkan menjadi indikator esensial sebagai berikut;
~          Memahami peserta didik secara mendalam memiliki indikator esensial: memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif; memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian; dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
~          Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran memiliki indikator esensial: memahami landasan kependidikan; menerapkan teori belajar dan pembelajaran; menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar; serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
~          Melaksanakan pembelajaran memiliki indikator esensial: menata latar (setting) pembelajaran; dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
~          Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran memiliki indikator esensial: merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode; menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning); dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
~          Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya, memiliki indikator esensial: memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik; dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
Guru di SMAN 1 PLB, tepatnya guru matematika yang mengajar di kelas XII IPA pada saat saya melakukan pengamatan di kelas, beliau mampu dan terampil dalam mengelola pembelajaran sehingga peserta didik mudah memahami apa yang sudah dijelaskan. Beliau juga memanfaatka keadaan di sekitar sebagai contoh agar peserta didik mudah memahami materi yang di sampaikan. Pada saat itu beliau memberikan materi tentang matriks dan mengambil contoh dari posisi duduk siswa yang di anggap sebagai suatu susunan matriks serta menjelaskan bahwa yang berada dari kanan sampai kiri dinamakan baris sedangkan dari depan ke belakang dinamakan kolom setelah itu menunjuk beberapa siswa untuk menentukan baris dan kolom keberapa dia berada, sehingga dengan keadaan seperti itu peserta peserta didik menjadi tidak bosan dengan pembelajaran karena seperti bermain teka teki dalam kelas.
b.        Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Secara rinci subkompetensi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
~          Kepribadian yang mantap dan stabil memiliki indikator esensial: bertindak sesuai dengan norma hukum; bertindak sesuai dengan norma sosial; bangga sebagai guru; dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
~          Kepribadian yang dewasa memiliki indikator esensial: menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
~          Kepribadian yang arif memiliki indikator esensial: menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
~          Kepribadian yang berwibawa memiliki indikator esensial: memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani.
~          Akhlak mulia dan dapat menjadi teladan memiliki indikator esensial: bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.
Guru yang mengajar pada saat saya melakukan pangamatan di dalam kelas mempunyai kepribadian yang dewasa dan berwibawa serta patut menjadi teladan bagi peserta didik karena beliau sangat memperhatikan kedisiplinan sebagai contoh ketika beliau masuk ruangan, beliau melepas sepatunya meskipun semua guru tidak di larang memakai sepatu masuk ruangan, karena melihat keaadaan yang ada bahwa semua siswa melepas alas kaki maka beliau melakukannya. Beliau juga tidak pernah terlambat masuk ruangan ketika mempunyai jadwal mengajar berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah sutu siswanya. Beliau temasuk guru yang paling disegani karena perilakunya yang bewibawa dan berperilaku positif.
c.         Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kompetensi ini memiliki subkompetensi dengan indikator esensial sebagai berikut:
~          Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik memiliki indikator esensial: berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik.
~          Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan.
~          Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
SMAN 1 PLB yang sebagian besar gurunya sebagai PNS, mereka memiliki kempetensi yang terbilang baik karena tidak jarang mereka mengundang orang tua murid untuk berdiskusi berbagi pemikiran tentang suatu masalah. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa guru-guru di SMAN 1 PLB mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif terhadap wali murid maupun masyarakat sekitar. SMAN 1 PLB juga tidak jarang mendapat undangan untuk mengikuti pertandingan-pertandingan olahraga yang biasa digelar di berbagai kecamatan setiap hari-hari tertentu, dan ini juga menandakan bahwa SMAN 1 PLB di kenal baik di beberapa daerah yang ada serta memiliki siswa yang mampu bersosial di masyarakat.
3.        Deskripsi Hasila Pengamatan Untuk Memperkuat Pemahaman Peserta Didik
Pemahaman (understanding) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan dan mengeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan.
Dalam perspektif psikologis, peserta didik adalah individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun psikis menurut fitrahnya masing-masing.
Jadi pemahaman peserta didik adalah mengenali, memahami dan menyimpulkan atas seorang individu baik dari pertumbuhan dan perkembangannya. Mengenali diri peserta didik secara untuh, menyeluruh dan sistematis.
Pemahaman (understanding) pada pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, disebut pemahaman instruksional (instructional understanding). Pada tingkatan ini dapat dikatakan bahwa peserta didik baru berada di tahap tahu atau hafal tetapi dia belum atau tidak tahu mengapa hal itu bisa dan dapat terjadi. Lebih lanjut, peserta didik pada tahapan ini juga belum atau tidak bisa menerapkan hal tersebut pada keadaan baru yang berkaitan. Kedua, pemahaman relasional (relational understanding). Pada tahapan tingkatan ini, peserta didik (klien) tidak hanya sekedar tahu dan hafal tentang suatu hal, tetapi dia juga tahu bagaimana dan mengapa hal itu dapat terjadi. Lebih lanjut, dia dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pada situasi lain.
Siswa SMAN 1 PLB sebagian besar bisa langsung memahami pelajaran yang merka pelajari dari guru mata pelajaran matematika, mereka menyenangi cara mengajar gurunya yang menggunakan metode berpariasi sehingga mereka tidak bosan untuk belajar dan selalu penasaran dengan pelajaran yang mereka pelajari.
Mereka berkomentar bahwa mereka mudah menelaah pelajaran yang telah di jelaskan apalagi mendapat contoh-contoh yang berkaitan dengan lingkungan mereka. Mereka tidak mengingat lagi bahwa pelajaran matematika itu pelajaran sulit, bahkan sebaliknya mereka menganggap pelajan matematika itu adalah pelajan yang menyenangkan dan pelajaran teka-teki yang memicu keaktifan berpikir. Semua itu karena guru mereka mampu meciptaka suatu suasana yang menyenangkan, bukan menegangkan.
4.        Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran di Kelas
Pengertian proses pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
ketika mengimplementasikan Kurikulum 2013 di dalam kelas, maka dalam proses pembelajaran anda harus mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu:
a.         Pembelajaran Langsung
Proses pembelajaran langsung merupakan proses pendidikan di mana d dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, siswa mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik dengan berinteraksi secara langsung dengan sumber belajar. Sumber belajar ini tentu saja telah dirancang sedemikian rupa sebelumnya dalam silabus dan RPP d kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan lam bentuk kegiatan-kegiatan belajar seperti: mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, menganalisis, hingga mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Di dalam proses pembelajaran langsung akan dihasilkan pengetahuan (aspek kognitif) dan keterampilan langsung (psikomotor) atau yang disebut dengan instructional effect.
b.        Pembelajaran Tidak Langsung
Pembelajaran tidak langsung yaitu proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung akan tetapi tanpa melalui perancangan dalam kegiatan khusus. Proses pembelajaran tidak langsung sangat berkaitan dengan pengembangan nilai dan sikap (afektif)
Pengamatan langsung proses di kelas, saya lakukan pada hari Selasa, 12 Agustus 2014. Pada hari itu saya masuk kelas dengan guru matematika di kelas XII IPA. Sebelum di lakukan pembelajaran tentunya saya memperkenalkan diri terlebih  dahulu dan menjelaskan maksud dan tujuan saya masuk ke kelas mereka. Setelah memperkenalkan diri, saya duduk bersama peserta sisik yang ada agar lebih mudah memperhatikan proses pembelajaran dan tidak mengganggu. Pada hari itu belajar materi tentang Matriks dan merupakan perkenalan pertama bagi mereka.
·           Metode Pembelajaran
Dalam pengamatan saya, metode yang di gunakan dalam proses pembelajaran tersebut merupakan metode Problem Solving, karena gurunya selalu merangsang peserta didik dalam melakukan aktivitas berfikir untuk memecahkan suatu permasalahan. Semua peserta didik di usahakan agar dapat mngutarakan pendapatnya mengenau suatu permasalahan meskipun banyak siswa malu-malu dalam mengutarakan pendapatnya. Bukan Cuma metode problem solving yang digunaka, namun metode yang di gunakan berpariasi karena terkadang guru menjelaskan suatu permaslahan yang di kaitkan dengan keadaan yang ada dengan tujuan agar peserta didik mudah dalam memahami suatu materi.
·           Interaksi dalam kelas
Interaksi dalam kelas sangat hidup, karena keterlibatan siswa sebagian aktif dan gurunyapun memberikan pertayaan yang cukup berkualitas karena sering kali memancing siswa untuk menerapkan apa yang telah dipelajari, guru mengajukan pertanyaan dengan kemudian menunjuk salah seorang siswsa untuk menjawab. Keberanian sisiwa dalam bertanya, menjawab atau menanyatakan pendapat cukup berani jika ditunjuk oleh guru dan terkadang mereka mengerjakan  contoh soal sendiri kemudian dijelaskan oleh guru.
·           Pengelolaan dalam kelas
Pengelolaan siswa dalam kelas bervariasi, sesuai dengan materi pembelajaran siswa dan memancing keaktifan siswa dan guru terampilmenggunakan berbagai sumber belajar (termasuk lingkungan sekitar) sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan.
·           Media pembelajaran
Dalam media pembelajaran, guru menggunakan media seperti memberikan conto konkrit dan menghubungkan antara teori dan gpraktek dan merangsang anak berfikir kritis. Dalam media pembelajaran, sebagian guru memberika LKS untuk membantu pembelajaran tetapi bukan buatan sendiri.
·           Jenis penilaian guru, umpan balik siswa dan hasil karya siswa
Guru menggunakan penilaian proses dan hasil, serta memanfaatkan untuk kegiatan tindak lanjut. Kemudian hasil belajar siswa dijadikan referensi evaluasi mengajar guru dan pelaksanaan remesial atau pegayaan pembelajaran siswa secara keseluruhan. Hasil karya siswa dipajang, diperbaharui setap semester, dan ditata sengan rapi dalam kelas.
·           Sudut baca
Sudut baca dalam kelas tersebut ada dan dimanfaatkan sebagai sumber  belajar  dan buku-buku  tersedia  di sudut  baca seperti  buku
guru dan LKS. Sudut baca tersebut dimanfaatka sebagai sumber belajar dan menumbuhkan minat baca siswa.
5.      Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Dalam refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran ini guru mepaparkan beberapa hal kepada saya bahwa dalam pembelajan beliau tidak bisa terlalu menekan siswa untuk mengerti pembelajanya karna jika demikian peserta didik malah akan semakin malas untuk belajar dan tidak senang dengan matapelajaran yang di bawakan. Guru berpendapat bahwa dalam pembelajaran kita herus tahu benar setiap karakter sisiwa yang ada sehingga kita bisa menyesuaikan ketika kita dalam proses mengajar.
B.       Pembahasan
Dari sekian banyak penjelasan di atas, dapat diingat kembali di poin pembahasan ini. Seperti visi misi yang terdapat di SMAN 1 PLB bahwa visi misi tersebut di susun oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah namun visi misi tersebut hanya terpampang dalam ruangan kepala sekolah, Sekolah ini juga memiliki RKS dan data inventaris sekolah. Ketersediaan sumber air bersih dalam sekolah ini juga memadai dan digunakan dalam berbagai keperluan seperti di toilet, berwudhu dan sebagainya.
Sekolah ini juga memiliki bak sampah dan kebersihannya cukup menjanjikan baik dalm ruangan maupun di luar kelas. Tidak ketinggalan lapangan olahraga seperti lapangan futsal, bola voly, sepak takraw dan tenis meja. Tata tertib di sekolah ini juga ada meskipun tidak terpampang di dalam ruangan kelas. Kedisiplinan siswa sekolah ini bisa dikatakan kurang karena tidak jarang siswa nya yang terlambat setiap harinya.
Guru yang mengajar pada saat saya melakukan pengamatan di kelas, beliau mampu dan terampil dalam mengelola pembelajaran sehingga peserta didik mudah memahami apa yang sudah dijelaskan. mempunyai kepribadian yang dewasa dan berwibawa serta patut menjadi teladan bagi peserta didik karena beliau sangat memperhatikan kedisiplinan. Guru di SMAN 1 PLB juga memiliki kempetensi yang terbilang baik karena tidak jarang mereka mengundang orang tua murid untuk berdiskusi berbagi pemikiran tentang suatu masalah.
Siswa SMAN 1 PLB sebagian besar bisa langsung memahami pelajaran yang merka pelajari dari guru mata pelajaran matematika, mereka menyenangi cara mengajar gurunya yang menggunakan metode berpariasi sehingga mereka tidak bosan untuk belajar dan selalu penasaran dengan pelajaran yang mereka pelajari.
metode yang di gunakan guru dalam proses pembelajaran tersebut merupakan metode Problem Solving, karena gurunya selalu merangsang peserta didik dalam melakukan aktivitas berfikir untuk memecahkan suatu permasalahan. Interaksi dalam kelaspun begitu hidup, karena keterlibatan siswa sebagian besr aktif. Pengelolaan siswa dalam kelas bervariasi, sesuai dengan materi pembelajaran siswa dan guru menggunakan media seperti memberikan conto konkrit dan menghubungkan antara teori dan praktek dan merangsang anak berfikir kritis. guru menggunakan media seperti memberikan conto konkrit dan menghubungkan antara teori dan praktek dan merangsang anak berfikir kritis.


Bab V SIMPULAN dan SARAN
A.      Simpulan
Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan baha SMAN 1 PLB merupaka sekolah yang berstatus Negeri yang guru-grunya mampu memahami peserta didik nya meskipun tidak semua guru. Mereka menempatkan dirinya sebagai guru pada saat mengajar dan mampu mengajak siswanya lebih aktif.
B.       Saran
Sebagai sekolah yang berstatus Negeri sebaiknya meningkatkan lagi kedisiplinan siswanya terutama dalam keterlambatan siswanya, sebaiknya dicarikan solusi agar siswanya yang terlambat dapat memperbaiki kesalahannya. Dalam laboratorium juga sebaiknya alat-alat yang di perlukan dalam laboratorium di perlengkapa lagi agar siswa tidak tertinggal dari sekolah sekolh lain.


PELAKSANAAN PENGAMATAN DAN NARASUMBER

Nama Mahasiswa       : Ahmad Nadi
NIM                             : 10536449613
Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat
Alamat Sekolah           : Jl. Transmigrasi Km 2 Lontar

Kegiatan Pengamatan          
No.
Hari Dan Tanggal
Kegiatan
Nama Narasumber
Tanda Tangan Narasumber
1.
Rabu, 06 Agustus 2014



2.
Kamis, 07 Agustus 2014



3.
Jumat, 08 Agustus 2014



4.
Sabtu, 09 Agustus
2014



5.
Senin, 11 Agustus 2014



6.
Selasa, 12 Agustus 2014



7.
Rabu, 13 Agustus 2014




Lontar,  13  Agustus 2014      
Mengetahui,
Kepala Sekolah

Drs. Abdul Rokhim, MM.
NIP. 19680214 199802 1 003





  
   

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang berkualitas